Thursday, October 27, 2011

Isu penting dalam Implentasi Cloud Computing di Indonesia

Berdasarkan penelitian terhadap korporasi yang merencanakan akan memanfaatkan Cloud Computing dalam proses bisnis mereka, isu keamanan dan privasi menjadi pertimbangan utama dalam penerapan teknologi cloud computing. Masyarakat mengenal Cloud Computing sebagai sebuah teknologi turunan dari Internet dengan ber-asaskan kebersamaan dalam menggunakan sebuah resources.Internet juga dikenal sebagai sebuah wilayah publik yang sangat rentan terhadap kejahatan cyber. Tantangan bagi provider adalah, bagaimana meyakinkan konsumen dalam hal ini korporasi bahwa product yang mereka deliver telah mengcover masalah keamanan dan privasi di cloud computing.

Hal diatas secara tidak langsung menunjukan bahwa Provider yang memiliki dan berhasil membuktikan kehandalan sistem security dan privacy Cloud Computing yang mereka miliki akan menjadi pemenang dalam kompetisi cloud computing dimasa yang akan datang.

Khusus untuk Indonesia, selain isu Keamanan dan Privasi, keterbatasan infrastruktur telekomunisi juga menjadi hal yang sering di bicarakan. Memang saat ini teknologi broadband telah berkembang cepat di Indonesia, masalahnya adalah perkembangan pesar teknologi broadband hanya ada di wilayah geografis tertentu. Dapat di ambil contoh untuk Node B Operator Seluler yang melayanai pelanggan dengan kemampuan 3G hanya terbatas di Ibu Kota Provinsi dan sebagian di Ibukota kabupaten yang ekonominya cukup maju. Harapan terhadap infrastruktur telekomunikasi broadband yang lebih baik melalui Wimax juga belum bisa di harapkan karena perusahaan yang berhasil memenangkan tender Frekuensi Wimax hingga saat ini belum jelas kapan akan mulai commersialisasi.

Saya sangat senang dengan program Telkom Indonesia yang akan melanjutkan pembangunan Palapa Ring dengan infratruktur FO sampai ke Papua, bahkan anak usaha  PLN yang bergerak di bidang telekomunikasi Icon+ juga sedang giat giatnya membangun infrastruktur jaringan Fiber Optik di seluruh Nusantara. Sangat baik sebenarnya bila Telkom dan Icon+ berkolaborasi dalam penyediaan infratruktur di Indonesia. Misalnya Telkom fokus membangun backbone ( tulang punggung ) sedangkan Icon+ fokus membangun jaringan last mile ( lokal akses ). Hal ini dapat mempercepat  tersedianya infratruktur yang lebih baik di Indonesia dan akhirnya dapat mempercepat perkembangan bisnis Conten Cloud Computing di Indonesia.
 





No comments:

Post a Comment