Wednesday, October 12, 2011

Penerapan ITIL Avaibility Management di Telekomunikasi

Dalam implementasi jaringan di dunia telekomunikasi, salah satu proses yang paling penting adalah Network Availability Management ( Pengelolaan Ketersediaan Jaringan ).Availability Management merupakan salah satu dari 13 proses yang terdapat dalam Standart Operasi ITIL V3.

Beberapa point penting yang saya catat dari proses Availability Managemet adalah :
Pengukuran 
Dalam proses Availability Management, pengukuran kualitas jaringan  dalam dilakukan dengan dengan beberapa cara yaitu :
  1. Availability Measurement  yaitu pengukuran ketersediaan jaringan dengan rumus  :  Availability (%) = (Max Available Seconds in the month – Seconds lost during the month] / Max Available Seconds in the Month)
  2. Reliability Measurement yang terdiri dari 2 pengukuran yaitu : 
    • Mean Time Between Service Incidents  MTBSI ) dengan rumus  MTBSI in hrs = Max Available hrs in a month/No of Service Incidents
    • Meat Time Between Failure ( MTBF ) of Systems dengan rumus  MTBF in hrs =( Available time -Total Down Time ) in hrs/No Of Service Incidents.
  3. Maintainnability Measurement yaitu  waktu Perbaikan yang di ukur dan dilaporkan sebagai Mean Time to Repair ( MTTR ) dengan rumus :  MTTR in hrs  = (Total Down Time / No of Service Incidents). Downtime dalam MTTR telah mengcover semua hal yang berkontribusi dalam proses perbaikan seperti waktu untuk mencatat laporan gangguan, Merespond, Mendiagnosa, perbaikan, recoveray atau restore.
Beberapa tools yang digunakan dalam mengelola ketersediaan adalah Proactive Measurement dengan cara memanfaatkan NMS sebagai salah satu fiture dalam melaporkan setiap kemungkinan turunnya perfomance atau indikator terjadinya masalah dalam jaringan. SNMP merupakan salah satu protocol layer 7 dalam OSI Layar yang paling banyak digunakan dalam membangun NMS. Dengan memanfaatkan SNMP dapat lakukan monitoring Bandwidth Utillization, CPU Resources, Infratructure Support exp AC, Batere, UPS, Power Supply dan beberapa fiture untuk security seperti AAA Logs, Securuty Traps.

Terima Kaish


No comments:

Post a Comment