Thursday, October 11, 2012

Seberapa Penting Jaringan Private untuk Perusahaan Anda

Saat ini tren penggunaan layanan publik ( internet ) sebagai media untuk mengalirkan informasi menjadi demikian masif. Menurut laporan tahunan Cisco Visual Networking Index (VNI) forecast untuk tahun 2012 total lalu lintas traffik internet indonesia  mencapai 5,3 eksabita (EB ) per tahun ( 1 Eksabita=1 Milyar GB ).
Dan diprediksi di tahun 2016 jumlah traffik internet Indonesia akan naik menjadi 19.5 EB.

Tentunya perusahaan memiliki pertimbangan dalam memilih media akses untuk melewatkan transaksi informasi perusahaan. Dengan perkembangan teknologi, biaya layanan internet saat ini semakin murah bahkan kini perbedaan antara tarif layanan Internet dan layana Private network cukup signifikan.

Dalam memutuskan jenis media akses yang akan digunakan, selain kualitas layanan yang perlu diperhatikan adalah tingkat keamanan jaringan tersebut. Bila perusahaan anda berkutat pada informasi yang bersinggungan dengan kepercayaan publik seperti transaksi keuangan, Transaksi Saham, Transaksi Surat Berharga, Informasi rahasia dan jens informasi lain yang sejenis maka sangat diharamkan untuk menggunakan media internet sebagai jembatan pengiriman arus informasi. Media internet sama halnya seperti sebuah jalan publik yang dengan bebasnya bisa di masuki orang tanpa bisa di filter dan dibatasi, bahkan bila jalan publik masih dibatasi oleh batas negara maka Internet adalah sebuah jalan publik yang bisa diakses oleh milyaran orang dari seluruh dunia. Dari milyaran orang tersebut dipastikan ada ratusan orang yg memiliki niat sengaja atau tidak sengaja melakukan serangan terhadap jaringan anda.

Dengan memanfaatkan jaringan private maka serangan cyber seperti diatas, yang artinya effort untuk menutup celah keamanan di jaringan private lebih kecil dibandingkan usaha yang kita perlukan untuk menutup celah keamanan jaringan yang terhubung langsung dengan publik seperti Internet. Walaupun saat ini banyak yang mengatakan bahwa teknologi security sudah sangat berkembang pesat namun teknologi hacking juga berkembang lebih pesat. Bahkan untuk layanan cloud sendiri ada dua jenis yaitu Private Cloud dan Public Cloud, perbedaan antara Provate dan Public Cloud ini juga menyesuaikan dengan jenis informasi yang akan di transaksikan dalam cloud.

Kesimpulannya adalah sebuah kepercayaan tidak bisa dinilai dengan materi, karena itu pertimbangkan dengan matang apakah informasi yang anda kirimkan memiliki nilai kepercayaan yang sangat tinggi.

Salam

No comments:

Post a Comment