Tuesday, October 19, 2010

Selamat Datang di pusat pembelajaran IT Governance

IT Governance atau dalam bahasa Indonesia disebut Tata kelola teknologi informasi merupakan sebuah objek yang sangat menarik untuk dipelajari sekaligus di implementasikan. Teknologi Informasi kini menjadi kebutuhan pokok bagi setiap perusahaan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnis menjadi perusahaan yang kompetitif. IT dipandang sebagai salah satu alat untuk meningkatkan Competitive Advantage perusahaan.

Penerapan IT juga dipandang sebagai salah satu alat untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik ( GCG) bahkan dalam tata kelola pemerintahan. Undang undang Sarbanex & Oxley yang berlaku di USA juga merekomendasikan penerapan IT Governance yang baik untuk mendukung proses bisnis perusahaan yang transparan dan zero human error.

Blog ini saya buat sebagai catatan saat saya sedang dalam proses penelitian tentang analisa tata kelola TI di sebuah perusahaan telekomunikasi. Dalam melakukan analisa saya membandingkan tata kelola IT perusahaan dengan model COBIT versi 4.1. COBIT ( Control Objective for Information & Related Technology ) merupakan sebuah framework yang di ciptakan oleh ISACA ( Information System Audit & Control Association ) melalui IT Governance Institut ( IGTI).

Saya berharap melalui penelitian dan blog ini banyak manfaat yang saya peroleh. Saya juga berharap apa yang saya lakukan bermanfaat untuk perusahaan serta pengunjung yang terhormat. Arg

No comments:

Post a Comment